Selasa, 18 September 2012

LOMBA CERDAS CERMAT KITAB SUCI

Perayaan Ekaristi pada hari minggu, 16 September 2012 berakhir sekitar pukul 09.30 wita. Serta merta anak-anak siswa SD dan SMP berlari menuju ke Aula Paroki St. Maria Ratu Rosari Gianyar, guna mengikuti lomba Cerdas Cermat Kitab Suci.

Minggu pagi yang cerah itu tampak semakin cerah dengan wajah ceria anak-anak peserta lomba. Secara berkelompok mereka menempati kursi-kursi yang telah diatur oleh panitia untuk kegiatan lomba. Para peserta terlihat sangat antusias dan menanti dengan cemas dimulainya lomba. Wajah-wajah polos anak-anak diselimuti ketegangan. Sekitar pukul 10.00 wita lomba dimulai, diawali dengan perkenalan masing-masing regu. 5 regu yang masing-masing beranggotakan 5 orang dengan penuh tekun dan perhatian mendengarkan petunjuk dari dewan juri, yaitu Ibu guru Sinta dan Bp. Dwi. Sesaat kemudian lomba dimulai, masing-masing regu menjawab soal pilihan regunya dengan penuh keyakinan. Semakin lama point semakin bertambah, menghiasi papan score yang ditulisi oleh kak Inggrid. Persaingan semakin ketat, sampai akhirnya babak beregu selesai. Para peserta menarik nafas lega, sementara panitia mengedarkan snack bagi para mereka untuk break sejenak. Semangat pulih kembali, peserta bersiap lagi mengikuti babak rebutan yang menjadi penentu bagi mereka untuk menjadi pemenang dalam lomba ini. Satu persatu soal dijawab peserta. Tampak bahwa pengetahuan kitab suci para peserta tidak diragukan lagi. Dengan antusias mereka berebut menjawab pertanyaan. Sampai akhirnya soal babak rebutan habis. Juri kemudian mengumumkan nilai perolehan terakhir. Dan akhirnya Regu E berhasil mengumpulkan nilai terbanyak  yaitu 1700, disusul di tempat kedua adalah Regu B dengan nilai 1600, dan tempat ketiga diraih oleh regu D dengan nilai 1300.

Sekalipun akhirnya ada peringkat bagi regu, namun tidak menyurutkan semangat para peserta lomba. Lomba yang berakhir sekitar pukul 12.00 wita ini membawa kesan tersendiri bagi peserta, mereka pulang ke rumah masing-masing dengan tetap tersenyum dan gembira.

Semoga lomba Cerdas Cermat ini bisa memotivasi anak-anak untuk lebih memahami dan menghayati Firman Tuhan melalui Kitab Suci.
*      Fransine Samangun
 











Tidak ada komentar:

Posting Komentar